Mengetahui Rumus Menghitung Luas Permukaan Tabung

Pengertian Tabung
Tabung adalah bangun ruang yang diatasi oleh dua sisi yang kongruen dan sejajar yang berbentuk lingkaran serta sebuah sisi lengkung.

Ciri - Ciri Tabung
1. Mempunyai 2 rusuk
2. Alas dan tutusnya berupa lingkaran
3. Mempunyai 3 bidang sisi (bidang alas, bidang selimut dan bidang tutup)


Gambar Tabung



Keterangan:

r = jari-jari tutup/alas tabung

t= tinggi tabung






Jenis - Jenis Rumus Tabung

Volume tabung = luas alas x tinggi

Luas alas = luas lingkaran = πr2

Volume tabung = π r 2 t

Keliling lingkaran alas/tutup = 2πr

Luas Selimut= 2πrt

Luas Permukaan Tabung = 2 x luas alas + Luas selimut tabung

Luas Permukaan Tabung = 2 (π r 2 )+ 2 π r t = 2 π r ( r + t )



Jadi rumus luas permukaan tabung adalah sebagai berikut :
 


Contoh soal:

Pak Oki adalah seorang pengrajin panci aluminium. Beliau mendapatkan pesanan sebuah panci besar dari pelanggannya.  Bila pelanggan menginginkan panci itu memiliki ukuran diameter 50cm dan tinggi 70 cm. Tentukan  luas bahan yang dibutuhkan untuk membuat panci itu!
Penyelesaian:
Diketahui:       d = 50 cm,  r = 25 cm
                        t = 70 cm
ditanyakan:     Luas permukaan panci ?
Jawab:
Luas panci   =  2 x phi x r (r + t)
 = 2 x 3,14 x 25 (25 + 70 )
 =157 x 95
 = 14915 cm2
Jadi luas bahan yang diperlukan untuk membuat panci itu adalah 14915 cm2

Share this

62 Responses to "Mengetahui Rumus Menghitung Luas Permukaan Tabung"

  1. Replies
    1. Makasih banyak kak...aku jadi tahu banyak deh,walaupun ayahku hanya jurusan pertanian ok B-) ^_^

      Delete
  2. Makasih ya infonya! Sebetulnya ini kayak yg diajarin ayah aku, soalnya sekarang aku kelas 5 SD, jadi lagi belajar volume, dech! Gara-gara sakit, aku jadi ketinggalan materinya! Sebetulnya, phi itu bisa jadi 3,14 atau 22/7, kan? Kata ayah aku kayak gitu, soalnya ayah aku itu juara kelas terus waktu sekolah, ranking terjeleknya yaitu ranking 1!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayahku meski bukan ranking 1 tapi dia pandai di pelajaran apapun, dan sekarang ayahku bekerja di bandara soekarno-Hatta menjadi manager

      Delete
    2. Ayahku meski bukan ranking 1 tapi dia pandai di pelajaran apapun, dan sekarang ayahku bekerja di bandara soekarno-Hatta menjadi manager

      Delete
    3. ayahku algojo dan aku bangga...

      Delete
    4. ni apa sih yg d bahas? rumus ato ayah. . Ku?

      Delete
    5. ni apa sih yg d bahas? rumus ato ayah. . Ku?

      Delete
    6. Ya aku setuju kalau ayah kamu pintar.... Tapi itu bukan tergantung dari ayah kamu pinter apa tidak... Tapi dari kamu sendiri.. jika kamu berusaha jadi pintar. Mungkin ayah kamu yg katanya 'ranking 1 mulu' itu bisa di kalahin :D True?

      Delete
  3. phi di hitung 3,14/22/7 kalau tidak memiliki sudut

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3,14 digunakan saat bilangan yang dikalikan atau dibagi bukan kelipatan 7. sedangkan 22/7 digunakan saat bilangan yg dikalikan atau dibagi berkelipatan 7.

      Delete
  4. mmm... susah...

    ReplyDelete
  5. uhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
    susah deh
    masih ga ngerti..... heu heu...
    :3

    ReplyDelete
  6. gampang banget, thx bro sudah berbagi rumus

    ReplyDelete
  7. Bukan 14915 CM3 Tapi 14915 CM2 , CM3= Centimater Kubik untuk Volume, CM2=Centimeter Persegi Untuk Luas.

    ReplyDelete
  8. Mengingat kecepatan pemahaman setiap orng berbeda2,gman klw disertai video tutuorialnya? psti akan lebih mudah dan cepat di pahami.trims

    ReplyDelete
  9. terimakasih ya untuk sharenya ijin berbagi juga

    ReplyDelete
  10. klo mencari r yg diketahui t dan luas sisi alas dan phi nya ? cara nyari r nya brarti phixrkuadrat ??

    ReplyDelete
  11. ada yg bisa bantu gk soal ini....suatu tabung mempunyai diameter 28cm dan tinggi 30cm berapakah volume tabung serta selimut tabung dan luas permukaan tersebut,,,?

    ReplyDelete
  12. Gimana cara menghitung luas tabung jika tingginya berbeda, tabung terpancung miring ?

    ReplyDelete
  13. gimana cara mencari tinggi sebuah tabung dari sebuah bangun kapsul yang tingginya 14mm diameter tabung 7mm

    ReplyDelete
  14. ada gak rumus luas penampang pipa U?
    makasih

    ReplyDelete
  15. tq postingannya :D
    http://www.downloadostanime.com/

    ReplyDelete
  16. kurang detail penerapannya
    dan sudah bagus,,

    ReplyDelete
  17. gampang" susah :3 tpi makasih,, aku telat liat nih dah keburu UN :3

    ReplyDelete
  18. Terima kasih dan sangat membantu sekali, tapi ada yang mau saya tanyakan, kalau luas (m2) di konversi ke volume (ltr) itu rumusnya gmna ya?? tolong kasih tau ya...trmksh

    ReplyDelete
  19. Pliss Tau Gk Rumus Tinggi Tabung Jika diketahui panjang dan lebar selimut sebuah tabung ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya lebar selimut itu sama dg tinggi tabung ya

      Delete
  20. jika kesulitan baca 2 kali lagi coba kerjakan soalnya ! ini rumus-rumus sudah jelas kok

    ReplyDelete
  21. Yang jelas phi itu digunakan 22/7 jika r nya merupakan kelipatan dari bilangan 7 contoh: 7,14,21,..... sedangkan untuk yg 3,14 itu digunakan untuk ukuran r yang bukan kelipatan dari bilangan 7 contoh: 10,11,....

    ReplyDelete
  22. kok beda ya sama rumus yang ada di buku saya ?

    ReplyDelete
  23. Kalo tinggi tabungnya ga diketahui gimana??

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  25. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

    ReplyDelete
  26. terima kasih contoh soalnya pak

    ReplyDelete
  27. Terimakasih gan infonya, cukup membantu sekali
    harga

    ReplyDelete
  28. Anjing gua kira mencari kell lingkaran buat mencari Phinya ternyata artikel goblok kaya gini

    ReplyDelete
  29. Anjing gua kira mencari kell lingkaran buat mencari Phinya ternyata artikel goblok kaya gini

    ReplyDelete
  30. Anjing gua kira mencari kell lingkaran buat mencari Phinya ternyata artikel goblok kaya gini

    ReplyDelete
  31. Ohoohohohohoohohohoh gitu mantapnjiwa ah makan indomie gosong dulu ah ckckc okoc

    ReplyDelete
  32. Enak oh oh dulu ah mantap.jiwa my friend fired rise enak fired ciken enak juga spaheti enak hewan keren tigler liond

    ReplyDelete
  33. Assalammualaikum pak...
    Ini saya mau nanya?
    saya mau bikin dandang nasi yang 20 kg. Dengan diameter 37cm. Bisa dijelaskan ngak pak cara mengetahui tutup,alas dan tinggi dandang tersebut pak. Bantu saya pak..
    Sebelumnya terimakasih ya pak

    ReplyDelete
  34. Biar gak pusing mainin mobile legends atau gak clash royale.....

    ReplyDelete