Mengetahui Rumus Menghitung Luas Permukaan Tabung

Pengertian Tabung
Tabung adalah bangun ruang yang diatasi oleh dua sisi yang kongruen dan sejajar yang berbentuk lingkaran serta sebuah sisi lengkung.

Ciri - Ciri Tabung
1. Mempunyai 2 rusuk
2. Alas dan tutusnya berupa lingkaran
3. Mempunyai 3 bidang sisi (bidang alas, bidang selimut dan bidang tutup)


Gambar Tabung



Keterangan:

r = jari-jari tutup/alas tabung

t= tinggi tabung






Jenis - Jenis Rumus Tabung

Volume tabung = luas alas x tinggi

Luas alas = luas lingkaran = πr2

Volume tabung = π r 2 t

Keliling lingkaran alas/tutup = 2πr

Luas Selimut= 2πrt

Luas Permukaan Tabung = 2 x luas alas + Luas selimut tabung

Luas Permukaan Tabung = 2 (π r 2 )+ 2 π r t = 2 π r ( r + t )



Jadi rumus luas permukaan tabung adalah sebagai berikut :
 


Contoh soal:

Pak Oki adalah seorang pengrajin panci aluminium. Beliau mendapatkan pesanan sebuah panci besar dari pelanggannya.  Bila pelanggan menginginkan panci itu memiliki ukuran diameter 50cm dan tinggi 70 cm. Tentukan  luas bahan yang dibutuhkan untuk membuat panci itu!
Penyelesaian:
Diketahui:       d = 50 cm,  r = 25 cm
                        t = 70 cm
ditanyakan:     Luas permukaan panci ?
Jawab:
Luas panci   =  2 x phi x r (r + t)
 = 2 x 3,14 x 25 (25 + 70 )
 =157 x 95
 = 14915 cm2
Jadi luas bahan yang diperlukan untuk membuat panci itu adalah 14915 cm2

62 komentar

avatar

Makasih ya infonya! Sebetulnya ini kayak yg diajarin ayah aku, soalnya sekarang aku kelas 5 SD, jadi lagi belajar volume, dech! Gara-gara sakit, aku jadi ketinggalan materinya! Sebetulnya, phi itu bisa jadi 3,14 atau 22/7, kan? Kata ayah aku kayak gitu, soalnya ayah aku itu juara kelas terus waktu sekolah, ranking terjeleknya yaitu ranking 1!

avatar

phi di hitung 3,14/22/7 kalau tidak memiliki sudut

avatar

mmm... susah...

avatar

uhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
susah deh
masih ga ngerti..... heu heu...
:3

avatar

gampang banget, thx bro sudah berbagi rumus

avatar

Bukan 14915 CM3 Tapi 14915 CM2 , CM3= Centimater Kubik untuk Volume, CM2=Centimeter Persegi Untuk Luas.

avatar

Makasih ya

avatar

Mengingat kecepatan pemahaman setiap orng berbeda2,gman klw disertai video tutuorialnya? psti akan lebih mudah dan cepat di pahami.trims

avatar

makasih ya :) bantu banget

avatar

terimakasih ya untuk sharenya ijin berbagi juga

avatar

klo mencari r yg diketahui t dan luas sisi alas dan phi nya ? cara nyari r nya brarti phixrkuadrat ??

avatar

ada yg bisa bantu gk soal ini....suatu tabung mempunyai diameter 28cm dan tinggi 30cm berapakah volume tabung serta selimut tabung dan luas permukaan tersebut,,,?

avatar

Gimana cara menghitung luas tabung jika tingginya berbeda, tabung terpancung miring ?

avatar

gimana cara mencari tinggi sebuah tabung dari sebuah bangun kapsul yang tingginya 14mm diameter tabung 7mm

avatar

ada gak rumus luas penampang pipa U?
makasih

avatar

tq postingannya :D
http://www.downloadostanime.com/

avatar

ada di toilet

avatar

kurang detail penerapannya
dan sudah bagus,,

avatar

sombong loe!!!!!!!!!!!

avatar

gampang" susah :3 tpi makasih,, aku telat liat nih dah keburu UN :3

avatar

Terima kasih dan sangat membantu sekali, tapi ada yang mau saya tanyakan, kalau luas (m2) di konversi ke volume (ltr) itu rumusnya gmna ya?? tolong kasih tau ya...trmksh

avatar

Pliss Tau Gk Rumus Tinggi Tabung Jika diketahui panjang dan lebar selimut sebuah tabung ?

avatar

jika kesulitan baca 2 kali lagi coba kerjakan soalnya ! ini rumus-rumus sudah jelas kok

avatar

Yang jelas phi itu digunakan 22/7 jika r nya merupakan kelipatan dari bilangan 7 contoh: 7,14,21,..... sedangkan untuk yg 3,14 itu digunakan untuk ukuran r yang bukan kelipatan dari bilangan 7 contoh: 10,11,....

avatar

kok beda ya sama rumus yang ada di buku saya ?

avatar

Bukannya lebar selimut itu sama dg tinggi tabung ya

avatar

Ayahku meski bukan ranking 1 tapi dia pandai di pelajaran apapun, dan sekarang ayahku bekerja di bandara soekarno-Hatta menjadi manager

avatar

Ayahku meski bukan ranking 1 tapi dia pandai di pelajaran apapun, dan sekarang ayahku bekerja di bandara soekarno-Hatta menjadi manager

avatar

Kalo tinggi tabungnya ga diketahui gimana??

avatar
This comment has been removed by the author.
avatar

ayahku algojo dan aku bangga...

avatar

SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

avatar

ni apa sih yg d bahas? rumus ato ayah. . Ku?

avatar

ni apa sih yg d bahas? rumus ato ayah. . Ku?

avatar

3,14 digunakan saat bilangan yang dikalikan atau dibagi bukan kelipatan 7. sedangkan 22/7 digunakan saat bilangan yg dikalikan atau dibagi berkelipatan 7.

avatar

terima kasih contoh soalnya pak

avatar

Terimakasih gan infonya, cukup membantu sekali
harga

avatar

Anjing gua kira mencari kell lingkaran buat mencari Phinya ternyata artikel goblok kaya gini

avatar

Anjing gua kira mencari kell lingkaran buat mencari Phinya ternyata artikel goblok kaya gini

avatar

Anjing gua kira mencari kell lingkaran buat mencari Phinya ternyata artikel goblok kaya gini

avatar

Ohoohohohohoohohohoh gitu mantapnjiwa ah makan indomie gosong dulu ah ckckc okoc

avatar

Enak oh oh dulu ah mantap.jiwa my friend fired rise enak fired ciken enak juga spaheti enak hewan keren tigler liond

avatar

Assalammualaikum pak...
Ini saya mau nanya?
saya mau bikin dandang nasi yang 20 kg. Dengan diameter 37cm. Bisa dijelaskan ngak pak cara mengetahui tutup,alas dan tinggi dandang tersebut pak. Bantu saya pak..
Sebelumnya terimakasih ya pak

avatar

Biar gak pusing mainin mobile legends atau gak clash royale.....

avatar

terima kasih, Mas Bro Ilmunya

avatar

Ya aku setuju kalau ayah kamu pintar.... Tapi itu bukan tergantung dari ayah kamu pinter apa tidak... Tapi dari kamu sendiri.. jika kamu berusaha jadi pintar. Mungkin ayah kamu yg katanya 'ranking 1 mulu' itu bisa di kalahin :D True?

avatar

Makasih banyak kak...aku jadi tahu banyak deh,walaupun ayahku hanya jurusan pertanian ok B-) ^_^

Click to comment