Cara Mudah Menghitung Perkalian dengan Jari Tangan

Cara Mudah Menghitung Perkalian dengan Jari Tangan

Metode cepat menghitung dengan jari bukanlah metode baru, melainkan metode yang sudah digunakan sejak masa kanak-kanak yaitu saat duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Namun metode tersebut kini kembali dengan sistem perkalian, jika dahulu kita menghitung tambah-tambahan dan pengurangan menggunakan jari tangan, sekarang kita akan mengupas bagaimana cara mengalikan suatu angka dengan jari tangan. 
Cara mudah menghitung perkalian dengan jari tangan akan kita demokan dengan kelipatan angka 6,7,8 dan 9 dimana langkah penggunaan atau peraktek pada kedua tangan adalah:

  1.  Hadapkan kedua telapak tangan anda saling berhadap-hadapan
  2. Identifikasi setiap jari di kedua tangan dengan angka, dimulai dari angka 6, dan identifikasikan jempol kiri dan kanan = 10, Jari telunjuk kiri dan kanan = 9, Jari tengah kiri dan kanan = 7, Jari manis kiri dan kanan = 7, dan jari kelingking kiri dan kanan = 6. 
  3. Contoh, kita akan mengalikan angka 6 dan 8, maka tempelkan kelingking kiri dan jari tengah kanan, kemudian hitung berapa jari yang tersisa di bawah jari-jari yang menempel termasuk jari yang menempel, dalam hal ini kita dapatkan 4 jari. Empat jari ini kita jadikan angka puluhan, sehingga kita asumsikan dengan angka 40. 
  4. Hitunglah sisa jari di atas jari yang menempel, (Jari yang menempel tidak ikut dihitung). Dalam hal ini kita dapatkan 2 jari, dan 4 jari. Kedua angka ini kita kalikan yang berarti 2x4 = 8.
  5. Jadi, tinggal kita tambahkan saja angka puluhan yang pertama kita dapat yaitu 4 jari yang tersisa nilainya 40 dan 8 sehingga jumlahnya 6x8 = 48
Bagaimana, mudah bukan? Mari kita belajar mengasah jari-jari menjadi cari hitung yang cepat.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Ridwan Arifin, Published at 2:16 AM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment